Home » » DONG YI (JEWEL IN THE CROWN) (2010)

DONG YI (JEWEL IN THE CROWN) (2010)

Written By Regina Kim on Saturday, February 23, 2013 | 3:03 AM



Title: 동이 (同伊) / Dong Yi
Also known as: Dawn
Genre: Historical
Episodes: 60
Broadcast network: MBC
Broadcast period: 2010-Mar-22 to 2010-Oct-12

CAST & CREW:
Chief Producer: Kim Ho Young (김호영), Ahn Seung Gak (안승각)
Producer: Lee Se Joong (이세중)
Director: Lee Byung Hoon, Kim Sang Hyub (김상협)
Assistant Director: Choi Jung Kyu (최정규), Kim Sung Wook (김성욱)
Martial Arts Director: Kim Sung Shil (김성실), Jung Jae Suk (정재석)
Screenwriter: Kim Yi Young


 Han Hyo Joo as Choi Dong Yi, later Choi Sook-Bin

 Kim Yoo Jung as Dong Yi (child)

 Ji Jin Hee as King Sukjong

Bae Soo Bin as Cha Chun Soo

Lee So Yeon as Jang Hee-Bin / Jang Ok Jung

Park Ha Sun as Queen Inhyeon

Jung Jin Young as Seo Yong Gi

Jung Dong Hwan as Oh Tae Suk

Lee Kye In as Oh Tae Poong

Choi Chul Ho as Oh Yoon

Kim Yoo Suk as Jang Hee Jae

Son Il Kwon as Hong Tae Yoon

Shin Guk as Do Seung Ji

Na Sung Kyoon as Jung In Gook

Kim Dong Yoon as Shim Woon Taek

Park Jung Soo as Queen Myeongseong (Sukjong's mother)

Kim Hye Sun as Court Lady Jung

 Kim So Yi as Court Lady Bong

Ahn Yeo Jin as Court Lady Jo

Im Sung Min as Court Lady Choi

Jung Yoo Mi as Jung Eum

Kang Yoo Mi as Ae Jong

Oh Eun Ho (오은호) as Shi Bi

Han Da Min as Eun Geum

Choi Ha Na as Mi Ji

 Lee Jung Hoon as Lee Jong Ok

Yeo Ho Min as Oh Ho Yang

Lee Hee Do as Hwang Joo Shik

Lee Kwang Soo as Young Dal

Jung Sung Woon as Choi Dong Joo

Jung In Ki as Kim Hwan

Lee Sook as Lady Park

 Kim Hye Jin as Seol Hee

Choi Ran as Lady Yoon (Hee Bin's mother)

Choi Soo Han as Ge Dwo Ra (Dong Yi's childhood friend)

Jung Eun Pyo as Ge Dwo Ra's father

Jung Sun Il as Park Doo Kyung

Choi Jong Hwan as Jang Mu Yeol

Lee Hyung Suk as Geum / Prince Yeoning (later King Yeongjo)

Yoon Chan as Crown Prince (later King Gyeongjong)

Heo Yi Seul as Dayang Young Sun

Maeng Sang Hoon as Kim Goo Sun

Oh Yeon Seo as Queen Inwon

Chun Ho Jin as Choi Hyo Won (cameo)

Choi Il Hwa as Seo Jung Ho (cameo)


SYNOPSIS SINGKAT:
Latar cerita ada pada masa pemerintahan Raja Sukjong (Raja ke-19) yang memerintah Dinasti Joseon. 

Choi Dong Yi adalah seorang perempuan dari golongan Cheonmin, kasta rendahan dalam struktur masyarakat Joseon pada masanya. Ayahnya seorang koroner/ ahli forensik yang dibunuh karena dituduh menjadi ketua organisasi terlarang Sword Franity yang pada masa itu dianggap sebagai organisasi makar dan membahayakan kekuasaan. Karena sebuah konspirasi politik akhirnya ayah dan kakak Dong Yi meninggal dunia dan ia menjadi gadis belia yang hidup sebatang kara melalui kerasnya hidup. Namun seorang Gisaeng ( wanita yang bekerja di rumah/ timpat hiburan ) cantik bernama Seol Hee telah menyelamatkan dan memeliharanya dengan baik sampai suatu saat Dong Yi berhasil memasuki istana sebagai pelayan di departemen musik.

Singkat cerita tanpa sengaja Dong Yi bertemu dengan raja Sukjong yang sedang menyamar untuk menyelidiki sebuah kasus yang dicurigai sebagai usaha konspirasi untuk menyingkirkan calon selir Jang Hee Bin/ Jang Ok Jung. Atas kecerdasan Dong Yi, Jang Hee Bin dapat terlepas dari masalah dan ketika ia menjadi selir, Hee Bin merekomendasikan Dong Yi untuk memasuki Biro Penyelidik Istana. Bukan tanpa perjuangan Dong Yi bisa memasuki departemen ini, sebuah konsprasi politik (lagi-lagi) membuatnya nyaris ditendang dari biro penyelidik ini, dengan cara mengetest Pengetahuan penyelidik istana dengan puisi istana Namun karena kecerdasan dan kekerasan hatinya, dong Yi dapat bertahan dengan bantuan dari Raja Sukjong yang masih menyamar sebagai inspector keamanan.

Sayangnya kemudian hubungan Dong Yi dan Hee Bin tidak berjalan mulus, ketamakan Hee Bin dan keluarganya yang dimotori oleh Jang Hae Jee, kakak Hee Bin, membuat Dong Yi menjadi pihak yang berseberangan dengan Hee Bin. Hee Bin sangat berambisi menjadi permaisuri dan berusaha dengan segala cara yang penuh kelicikan menyingkirkan Ratu Inhyeon. Dengan cara menaruh racun untuk Ibu Suri Raja HukJong yang dengan dalih menjerumuskan Ratu Inhyeon, sehingga Ratu diasingkan. Tetapi dengan kekerasan hati Dong Yi bahwa Ratu Inhyeon tidak bersalah ia memperjuangkan agar Ratu Inhyeon bisa kembali ke kerajaan.

Dari situ Ratu Inhyeon sangat menyayangi Dong Yi dan menjadi pelindungnya, bahkan kelak dialah yang mendorong Dong Yi untuk menikah dengan Raja Sukjong dan memintanya menjadi permaisuri sebagai pengganti dirinya saat menjelang kematiannya ( walaupun Dong Yi akhirnya menolak ).

Kemarahan Hee Bin semakin memuncak saat menemukan fakta bahwa sang Raja tidak lagi mencintainya seperti dulu. Raja Sukjong telah berpindah hati pada wanita muda yang cerdas dari biro penyelidik yang dikenalnya tanpa wanita itu tau siapa dirinya. Dong Yi tidak pernah mengetahui bahwa selama ini pejabat yang selalu bersamanya adalah Raja Sukjong.

Intrik-intrik politik terjadi, fitnah dan konspirasi mewarnai istana dan begitu banyak korban berjatuhan. Untungnya Dong Yi mempunyai pelindung yang sangat loyal. Mereka adalah Seo Yong Gi ( pejabat kepolisian, mantan teman dekat ayahnya ), Cha Ceon Soo ( seseorang dari masa kecil Dong Yi, mantan anggota Sword Franity ) yang juga mencintai Dong Yi, Sim Yun Taek (seorang sarjana cheonmin cerdas yang dibuang ), Ratu Inhyeon dan yang mendukung dari balik layar, Raja Sukjong. Walaupun demikian Dong Yi sempat mengalami masa-masa sulit setelah kematian putra pertamanya dan meninggalkan istana selama 6 tahun. Dalam pengasingannya ia melahirkan putra kedua, Kyeong Jong, yang kelak bergelar Raja Jeongjo, menggantikan kakak tirinya yang meninggal di usia muda.

Di akhir cerita kejahatan akan terkalahkan oleh kebenaran. Setelah hampir sepuluh tahun Hee Bin mengalami kejayaan dengan cara yang licik akhirnya kejayaan yang dimilikinya tumbang. Ia dihukum mati dengan cara minum racun serta keluarga dan kroninya dibuang ke Pulau Jeju untuk dijadikan budak selama-lamanya. Dong Yi menjadi selir tingkat satu bergelar Choi Sukbin, impian Ratu Inhyeon untuk menempatkan Dong Yi sebagai penggantinya tidak terwujud karena latar belakang Dong Yi dari kalangan Cheonmin, partai kelas bawah. Itupun diambil dari keputusan Dong Yi untuk merubah agar kejadian-kejadian sebelumnya tidak terulang lagi karena ia tidak mengharapkan kedudukan yang tinggi. Ia hanya mengharapkan hidup damai tidak ada perselisihan dan pertumpahan darah diantara 2 pangeran nantinya.

Apapun akhir ceritanya yang jelas Dong Yi akhirnya menjadi Ibu Raja dan hidup bahagia dengan Raja Sukjong setelah putranya mengambil alih tahta. Dan yang jelas drama ini benar-benar luar biasa, mengambil setting sejarah Korea yang diwarnai intrik-intrik politik serta konspirasi yang mematikan.




image host image host image host image host image host image host image host image host image host image host image host image host image host image host image host image host image host image host image host image host image host image host image host image host image host image host image host image host image host image host image host image host image host image host image host image host image host image host image host image host image host image host image host image host image host image host image host image host image host
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Google Translate

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Love and Like Movie - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger