Home » , » GODZILLA (2014)

GODZILLA (2014)

Written By Regina Kim on Monday, July 14, 2014 | 9:48 PM


Genre : Aksi, Fiksi Ilmiah
Tanggal Rilis Perdana : 16 Mei 2014
MPAA Rating : Bimbingan Ortu
Durasi : 130 min.
Studio : Warner Bros. Pictures
Official Site

CAST & CREW
Sutradara : Gareth Edwards
Produser : Thomas Tull, Jon Jashni, Mary Parent, Brian Rogers
Penulis Naskah : Max Borenstein

Pemain :
Bryan Cranston, Aaron Johnson, Elizabeth Olsen, Juliette Binoche, Ken Watanabe, David Strathairn, Sally Hawkins, Richard T. Jones


SINOPSIS LENGKAP
Berawal pada tahun 1954, Amerika Serikat melakukan uji coba bom atom dengan menghasilkan hancurnya permukaan laut. Pada tahun 1992 orang ilmuwan bernama Ishiro Serizawa (Ken Watanabe) dan Vivienne Graham (Sally Hawkins) sedang meneliti tengkorak raksasa di sebuah lokasi tambang yang runtuh di Filipina, mereka menemukan dua telur berukuran besar dimana salah satunya sudah pecah.
Di tahun 1999 PLTN Janjira di Jepang, pembangkit tenaga nuklir mengalami aktivitas seismik yang tidak biasa dan mengalami ledakan dan kebocoran radiasi. Meski dianggap sebagai akibat dari gempa bumi, seorang ahli nuklir AS, Joe Brody (Bryan Cranston) meyakini bahwa kejadian ini disebabkan hal lain. 



Joe Brody mengirim sebuah tim dipimpin istrinya Sandra (Juliette Binoche) untuk melakukan pengecekan namun terjadi ledakan yang menyebabkan semua anggota tim terkontaminasi dan tidak boleh keluar dari area tersebut dengan sangat berat hati Joe Brody menutup jalur evakuasinya meninggalkan istri dan timnya tewas.


Alur kemudian berpindah ke 15 tahun kemudian dimana anak Joe Ford yang bernama Ford Brody (Taylor Johnson) bekerja sebagai spesialis penjinak ranjau yang tinggal di San Fransisco bersama istrinya Elle (Elizabeth Olsen) dan anaknya bernama Sam Brody (Carlson Bolde). Ford mendapat telepon dari pihak kepolisian bahwa Ayahnya Joe ditangkap karena mencoba menyusup ke zona terlarang dilokasi pembangkit tenaga listrik untuk menyelidiki penyebab ledakan. Dengan bantuan Ford, Joe berusaha memperoleh data seismik sebelum pembangkit runtuh dan mereka menemukan tanda-tanda mahkluk hidup yang menyebabkan ledakan tersebut.


Para ilmuwan menemukan eksistensi monster atau yang disebut juga MUTO (Massive Unindentified Terrestrial Organism) yang mengalami mutasi akibat radiasi pada tahun 1954. Pasukan khusus Amerika Serikat akhirnya menemukan aktivitas MUTO yang mencurigakan di sebuah hutan dekat Honolulu. Dua ekor MUTO akhirnya muncul dan menghancurkan kota Honolulu. Setelah diserang oleh militer, MUTO itu melarikan diri terpisah dan akan bertemu kemudian di Pantai San Fransisco.


Joe meyakinkan putranya bahwa kecelakaan 15 tahun yang lalu tersebut menyimpan rahasia besar dan pemerintah setempat berusaha menutupinya. Joe membeberkan kepada Ford bahwa ia memiliki bukti yang menutupi kejadian yang sebenarnya dari bencana alam tersebut. Joe berhasil meyakinkan Ford untuk kembali ke rumah lama mereka untuk mengambil data seismik yang mencatat gempa sebelum terjadi gempa. Joe juga menemukan bahwa sebenarnya tidak ada radiasi di Janjira. Ia juga baru menyadari bahwa mereka dievakuasi dengan sangat cepat hingga bahkan tak memiliki gambar kejadian tersebut.


Sang ayah dan putranya, setelah menerobos zona terlarang sekali lagi,mendapati bahwa di dalam zona terlarang tidak terdapat jejak radiasi nuklir, namun justru mereka menemui operasi rahasia di bekas fasilitas pembangkit nuklir tempat sang ayah dulu bekerja.

Mereka ditangkap dan dibawah ke sebuah fasilitas di bawah reruntuhan pabrik di mana Dr.Serizawa memimpin sebuah penelitian tentang sebuah kepompong besar. Makhluk bersayap muncul dari dalam kepompong tersebut dan menghancurkan fasilitas rahasia itu. Joe terluka dan kemudian meninggal.


Dr.Serizawa, Graham dan Ford bergabung dengan pasukan tempur angkatan laut AS yang dipimpin oleh Laksamana William Stenz (David Strathaim) di kapal induk USS Saratoga (CVN-88) untuk melacak makhluk yang diidentifikasi sebagai MUTO.



Para ilmuwan mengungkapkan bahwa predator alpha kuno, yang dikenal sebagai Gojira telah bangkit karena dibangunkan oleh sebuah ekspedisi laut pada tahun 1954. Dan uji coba nuklir awal adalah upaya untuk membunuhnya. Makhluk tersebut berasal dari zaman ketika tingkat radiasi bumi lebih tinggi dan radiasi adalah makanan mereka. Saat radiasi bumi mereda, makhluk ini pindah ke bawah tanah. Mornarch dibentuk secara diam-diam untuk mempelajari Gojira dan hal semacam itu. Ford mengungkapkan bahwa Joe telah melacak bentuk echo location dari Janjira yang menunjukkan bahwa MUTO bisa berkomunikasi dengan makhluk lainnya.


Tim Pasukan Khusus AS menemukan puing-puing dari kapal selama nuklir Rusia di sebuah hutan dekat Honolulu dan menemukan MUTO memakan reaktornya. Di bandara, Ford sedang menunggu penerbangan pulang, sementara terjadi penyerangan militer terhadap MUTO sehingga terjadi pertempuran. 


Gojira datang yang menyebabkan gelombang raksasa yang menghancurkan Honolulu. Setelah upaya menghancurkan Gojira dan MUTO yang singkat, tetasan telur di Filipina yang sebelumnya dianggap sudah mati, ternyata muncul dengan sosok yang lebih besar. MUTO betina yang lolos dari Janjira menghancurkan Las Vegas. Para ilmuwan menyimpulkan bahwa dua makhluk akan bertemu untuk berkembang biak.



MUTO ini mengisap sumber energi termasuk listrik, MUTO ini mirip serangga berukuran raksasa ini kemudian terbang ke Hawaii, dimana ia mencuri sumber energi di dasar laut yakni sebuah nuklir dari Rusia. Hal ini membuat Gojira yang selama ini berdiam diri di lautan merasakan ancaman terhadap dirinya dan muncul ke permukaan. Tsunami besar datang akibat bangunnya Gojira, ribuan orang tewas, di sinilah Gojira bersiap menyerang MUTO. 


Bencana datang saat kedua MUTO itu sampai ke San Fransisco, dimana istri dan anak Ford tinggal. Pihak militer berpikir untuk memusnahkan ketiga monster itu dengan bom nuklir. Namun Dr.Serizawa berkata kalau Gojira adalah penyeimbang alam, bertugas untuk memusnahkan dua MUTO itu.


Akhirnya pihak militer memutuskan untuk membiarkan kedua monster itu untuk bertarung. Sangat menakutkan saat tiga raksasa bertarung di tengah bangunan dan manusia-manusia yang berlindung di bawahnya.


Ford yang ahli dalam spesialis penjinak ranjau ditugaskan untuk mengambil nuklir dari Rusia dan membawanya kembali namun diambil oleh MUTO untuk membantu pengembangbiakan janin anak2 MUTO, dengan usaha yang gigih akhirnya Ford bisa mematikan janin yang sudah bergabung dengan nuklir Rusia dengan membakarnya dengan bahan bakar pada truk yang sudah terguling tentunya setelah nuklir itu diambil kembali pihak militer. 


MUTO yang sedang berkelahi dengan Gojira kaget melihat ledakan ditempat janin anaknya dan menjerit menghampiri tempat janin MUTO yang ternyata sudah hancur terbakar. MUTO marah besar dan mengobrak-abrik apapun yang dilihatnya kesempatan emas tidak disia-siakan oleh Gojira, ia langsung menghembuskan sinar listrik dari mulutnya kepada MUTO betina.


Pihak militer bergegas membawa nuklir ke sebuah kapal laut didermaga namun MUTO melihatnya dan siap mengejarnya tapi dengan gesit Gojira mendapatkannya dan membantingnya hingga membentur bangunan hingga tewas, Gojira kelelahan sehingga terjatuh.

Tinggal 1 MUTO lagi yang sedang mengejar nuklir namun pihak militer tidak tinggal diam mereka menembaki MUTO itu sehingga MUTO berbalik menyerang yang menembakinya dengan 1x terkam, Ford melihat situasi ini ia bergegas mengaktifkan kapal laut dengan auto drive untuk membawa nuklir yang mereka curi untuk menjauh dari mereka karena waktu berjalan dan siap untuk meledak.


Pada saat MUTO hendak menerkam Ford, Gojira mencekik MUTO dari belakang dan membuka mulut MUTO itu lalu menghembuskan sinar listrik terakhirnya ke dalam mulut MUTO hingga tewas. 




Gojira mengaum tanda kemenangan. Kedua MUTO itu telah tewas sehingga semua listrik dikota yang tersedot padam kembali menyala.

Ford diselamatkan oleh tim penyelamat dengan helicopter dan dari kejauhan nuklir itu meledak ditengah2 lautan. Setelah peperangan usai semua militer mencari/memberi pertolongan pada orang-orang yang terkubur atau yang mati. 


Anak Ford ternyata selamat dan juga istrinya. Gojira yang lemah akhirnya terbangun kembali dan kembali bergerak kelautan untuk melanjutkan istirahatnya. (TAMAT)



Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Google Translate

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Love and Like Movie - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger